HUBUNGAN MARKETING PUBLIC RELATIONS DENGAN PROSES PEMAKAIAN PRODUK/JASA BANK BNI
Daeng M. Ma’mur Thahir dan Ruri Widuri

Abstrak

Kompetisi perbankan yang berorientasi pada kompetisi strategis dalam memperebutkan nasabah jauh lebih kompetitif dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut ikut dipicu juga oleh kondisi makro-perbankan nasional yang cenderung membaik.

Bank BNI sebagai salah satu bank pemerintah yang ada saat ini menyadari betul akan pentingnya citra perusahaan dimata nasabah maupun calon nasabahnya. Citra bagi suatu bank merupakan hal yang sangat penting, karena menyangkut kepercayaan (trust) antara nasabah dengan pihak bank dalam hal penggunakan berbagai produk/jasa dalam bertransaksi. Untuk itu, salah satu upaya yang dilakukan Bank BNI  adalah dengan melaksanakan program Marketing Public Relations. MPR ini bukan saja  berorientasi pada pembentukan citra produk tetapi diharapkan pada penggunaan/pemakaian produk/jasa yang ditawarkan oleh Bank BNI.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa program kegiatan MPR Bank BNI telah dapat menumbuhkan kesadaran pada konsumen, adanya ketertarikan, serta adanya evaluasi dari berbagai informasi yang diberikan. Kemudian  diikuti dengan adanya keputusan untuk mencoba hingga sampai pada keputusan akhir menjadi nasabah dalam hal ini menggunakan/memakai produk/jasa Bank BNI. Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses pemakaian produk/jasa Bank BNI 30,3% disebabkan oleh kesadaran responden pada kegiatan MPR Bank BNI, 53,1%  disebabkan oleh ketertarikan responden pada program kegiatan MPR Bank BNI, terakhir bahwa proses pemakaian produk/jasa Bank BNI 57,2% disebabkan oleh sikap evaluasi responden akibat adanya program MPR yang dilaksanakan Bank BNI.

Kata Kunci: Marketing Public Ralations, Produk
 



  Masukan Nama Dosen Ke Input Pencarian.









  Nama Dosen ''-'' Tidak Ditemukan. Kembali Ke Index Print URL



© 2015 copyright | Design & Programming by ICT STIE Sutaatmadja | Login